Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

ESPORT NEWS

latest

Recent Tabs


Nilai Pasar Esports Diprediksi Mencapai USD 7.131 Juta

Nilai Pasar Esports Diprediksi Mencapai USD 7.131 Juta Esport.co.id -  Pertumbuhan industri esports semakin pesat setiap tahunnya. Bahkan ...

Nilai Pasar Esports Diprediksi Mencapai USD 7.131 Juta


Esport.co.idPertumbuhan industri esports semakin pesat setiap tahunnya. Bahkan nilai pertumbuhan industri esports diperkirakan akan naik sekitar 25% setiap tahunnya. 


Melansir Global News Wire pada Selasa (4/1/22), berdasarkan data Acumen Research and Consulting Experts, nilai pasar esports global di tahun 2028 diprediksi mampu mencapai USD 7.131 juta atau sekitar Rp 100 triliun. 


Prediksi ini berasal dari sejumlah faktor misalnya jumlah waktu yang dihabiskan oleh penggemar esports yang menonton event secara langsung maupun online telah meningkat drastis. Pada tahun 2021, tercatat ada 380 juta orang yang menyaksikan event esports offline atau online. 


Esports juga mendorong gaya hidup baru bagi generasi muda yang ingin berkarir sebagai atlet esports atau bekerja di industri esports. Setidaknya, makin banyak orang-orang yang tiba-tiba terkenal lewat konten-konten digital seperti streaming di berbagai platform macam Facebook, Youtube, Twitch atau Nimo.


Dari streaming tersebut, para gamer juga bisa meraih pendapatan dan berinteraksi dengan banyak orang. Membuka kesempatan lebih besar bagi mereka mencari engagement di sosial media.


Tren mobile gaming juga memicu pertumbuhan esports lebih besar. Menurunnya popularitas game PC terutama di pasar Asia dan Asia Tenggara membuat penetrasi game mobile bisa sukses diikuti dengan maraknya brand smartphone menawarkan sensasi gaming untuk para calon konsumennya.


Dari sini akhirnya lahir skena esports beserta para atlet profesional untuk game-game mobile seperti MPL Mobile Legends, PMPL PUBG Mobile dan masih banyak lagi.



( Gambar : Gamebrott / Penulis : Fitri )



Tags : industri gaming indonesia, esports market indonesia, newzoo indonesia, indonesia gaming market 2020


COLUMNIST